Search

Gubernur Herman Deru dan Menteri Pertahanan Bahas KEK - Tribun Sumsel

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru bersama Menteri Pertahanan RI, Jend TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu bersama investor pengelola bertemu membahas kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Api-api, sabtu (5/1)

"Kita bersyukur beberapa minggu yang lalu, ketika saya dipanggil Menko ada tindak lanjut ketika permohonan revisi saya ajukan diterima oleh mentri untuk direvisi karena kalau kita berkutat dengan lokasi lama sulit untuk terlaksana karena ada jarak sekitar 15 km," ujar Herman Deru.

Dari jarak 15 km tersebut, terdapat seluas lahan kosong milik PT. Tria Patria yang bersedia untuk menggabungkan tanpa harus ganti rugi.

"Dia mempersilakan untuk lahannya dipakai saja. Nanti untuk urusan pembangunan bisa di B To B ( Bisnis To Bisnis) dengan perusahaan tersebut sedangkan pemerintah provinsi hanya memediasi," jelasnya.

Kurang lebih 2500 hektar lahan siap dilepas untuk pembangunan yang mana ini lebih luas dari keputusan KEK yang lama.

"KEK kita bisa luas sekali, yang lama saya minta tidak lepaskan, saya minta agar pak Menko untuk penyangga mungkin untuk pemasaran. Untuk lahan baru tersebut rencananya akan dibangun di pelabuhan menjadi kawasan industri supaya terjadi sinergi," ujarnya.

Sampai saat ini sebanyak 14 investor termasuk 4 insvestor asing sudah langsung menemui PT Tria untuk segera melakukan pembangunan industri.

Nantinya KEK Tanjung Api-api ini berkonsep seperti Badan Otorita Batam dan memiliki pengelola yang akan di tunjuk oleh pemerintah provinsi.

"Termasuk izin dan rekomendasi dari pengelola serta memiliki insentif pajak saat membangun dan produk yang di hasilkan ," ujarnya.

Sementara dari pihak pemerintah porvinsi saat ini sudah membuat tim percepatan dan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) pada tanggal 5 februaari nanti.

"Nantinya tugas tim percepatan ini akan mengatur adminsitratif dan mengatur rtrw bersama dengan banyuasin," bebernya.

Gubernur Menghimbau agar sebelum pertengahan tahun 2019 ini sudah dilakukan pembangunan bahkan sudah ada ground breaking.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://sumsel.tribunnews.com/2019/01/05/gubernur-herman-deru-dan-menteri-pertahanan-bahas-kek

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gubernur Herman Deru dan Menteri Pertahanan Bahas KEK - Tribun Sumsel"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.