Search

Selamatkan Lahan dan Air, Pelaksana Jalan Nasional IV Akan Tanam 2.500 Pohon - Tribun Jambi

Laporan Wartawan Tribun Jambi Fadly

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dalam rangka hari hari menanam pohon Indonesia, Hari Bakti PU ke-73, dan HUT Darmawanit Persatuan ke-19, Pelaksana Jalan Nasional IV yang terletak di Kawasan Pasir putih, mengadakan penanaman pohon di depan halaman kantor mereka.

Acara di hadiri oleh Forkopimda Provinsi Jambi, acara ini bertemakan "menanam pohon bagi penyelamatan lahan dan air".

Dalam sambutan mentri pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang dibacakan oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatra VI, Nur Fajri mengatakan, Kementerian PUPR mendukung kebijakan yang lebih ketat terkait deforestasi ini yang diimplementasikan salah satunya dengan kegiatan menanam pohon.

Baca: Syarif Fasha: Pemerintah Selalu Ada Saat Warga Terkena Bencana

Baca: Latih Mahasiswa Berwirausaha, UIN STS Jambi Gelar UIN Expo

Baca: Dengar Divonis 5 Tahun Penjara, Ary Menghambur Temui Istri

Tema kegiatan ini mengandung makna bahwa saat ini yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya bencana alam di Indonesia akibat penyempitan badan air, alih fungsi lahan, sedimentasi dan pendangkalan, serta hilangnya sumber air.

"Akibat dari bencana tersebut adalah kerugian material dan immaterial yang ditanggung oleh masyarakat dan negara," jelasnya.

Untuk itulah upaya menanam pohon merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar lahan dan air dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Acara menanam pohon ini dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia (34 Propinsi). "Dan penanaman pohon yang kita laksanakan hari ini dipelopori oleh Kementerian PUPR bersama DWP Kementerian PUPR dan Pokja Revitalisasi GN-KPA pada momentum Hari Menanam Pohon Indonesia, Hari Bakti PU Ke-73 dan Hari Dharma Wanita Persatuan Ke-19 Tahun 2018," lanjutnya.

Hal ini tentunya akan memberikan dampak dan semangat kepada kita semua untuk menghijaukan kembali alam Indonesia yang kita cintai.

Baca: Dengar Divonis 5 Tahun Penjara, Ary Menghambur Temui Istri

Baca: Korban Tenggelam di Sungai Damai, Yudi Terkejut Lihat Bukan Ilham yang Ditemukan

Baca: Camat Pal Merah Ngamuk, Satpol PP Kota Jambi akan Seret Pembuang Sampah ke Pengadilan

Kegiatan ini selain menanam tanaman keras juga menanam buah-buahan yang hasilnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Jambi agar senantiasa bersahabat dengan alam. "Sama sama kita jaga alam kita agar nantinya alam yang baik ini dapat juga dirasakan oleh anak cucu kita kelak," lanjutnya.

Di Provinsi Jambi ini akan ditanam sebanyak 2.500 batang pohon.  Pohon tersebut akan ditanam di Kota Jambi, Kabupaten Kerinci, Kabupaten Bungo, dan Kabupaten Tebo.

Penulis: Muuhammad Ferry Fadly

Editor: Teguh Suprayitno

Ikuti kami di

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://jambi.tribunnews.com/2018/12/18/selamatkan-lahan-dan-air-pelaksana-jalan-nasional-iv-akan-tanam-2500-pohon

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Selamatkan Lahan dan Air, Pelaksana Jalan Nasional IV Akan Tanam 2.500 Pohon - Tribun Jambi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.