Search

Bagian Belakang Istana Mentri Kebanjiran, Cagar Budaya Kebanggaan Masyarakat Inhu Ini Terancam Roboh - Tribun Pekanbaru

Laporan Wartawan Tribuninhu.com Bynton Simanungkalit

TRIBUNINHU.COM, RENGAT - Bagian belakang situs bangunan cagar budaya Istana Mentri atau Rumah Tinggi di Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terendam air.

Menurut Staf Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Kepulauan Riau (Kepri) di Kabupaten Inhu, Saharan kejadian ini merupakan yang pertama kalinya.

"Tadi saya meninjau ke lokasi Rumah Tinggi dan mendapati bagian belakangnya terendam air setinggi 30 centimeter atau diperkirakan sedengkul anak-anak," kata Saharan, Jumat (14/12/2018).

Menurut Saharan hal ini diduga akibat minimnya saluran air atau selokan yang ada di Kelurahan Kampung Besar Kota, atau di lingkungan Rumah Tinggi.

"Biasanya air tergenang seperti itu, sebentar saja sudah kering. Tapi tadi saya perhatikan gak kering-kering," katanya.

Hal ini dikhawatirkan berdampak pada ketahanan bangunan sejarah tersebut.

"Kalau airnya sering tergenang seperti ini akan berdampak pada kelembapan bangunan cagar budaya yang memicu kerusakan terhadap struktur bangunan karena bahan bangunan tersebut itu mayoritas terbuat dari bahan kayu," kata Saharan.

Terlebih lagi usia bangunan sejarah tersebut sudah sangat tua.

Menurut Saharan bangunan Rumah Tinggi itu didirikan pada tahun 1885.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://pekanbaru.tribunnews.com/2018/12/14/bagian-belakang-istana-mentri-kebanjiran-cagar-budaya-kebanggaan-masyarakat-inhu-ini-terancam-roboh

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bagian Belakang Istana Mentri Kebanjiran, Cagar Budaya Kebanggaan Masyarakat Inhu Ini Terancam Roboh - Tribun Pekanbaru"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.