Search

Menteri Koperasi dan UMKM Tinjau Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq - Tribun Jabar

Laporan Wartawan Tribun Jabar Lutfi AM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Mentri Koprasi dan UKM, Teten Masduki, Gibernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan Bupati Bandung, Dadang M Naser dan jajarannya, meninjau Pondok Pesantren Al- Ittifaq, di Rancabali, Kabupaten Bandung, Minggu (21/6/2020).

Pondok pesantren tersebut memiliki koprasi yang dikelola oleh santri dan masyarakat sekitar di sektor pangan, seperti buah-buahan dan sayuran.

Teten dan lainnya menyempatkan melihat secara langsung sayuran dan buah yang sudah dikemas siap jual, peternakan domba, hingga mencoba memanen jeruk yang di tanam di pondok pesantren tersebut.

Dalam kunjungannya tersebut kementrian Koprasi dan UKM memberikan bantuan untuk Koprasi Al-Ittifaq sebesar Rp 7,3 Milyar.

Aman Melihat Gerhana Matahari Cincin Bisa dengan Teknik Lubang Jarum, Ini Caranya

"Sudah tadi deal pembiayaan Rp 7,3, milyar, kami kalau dilihat koprasi ini koprasi pangan bahkan sudah eksport," ujar Teten, di sela kunjungannya.

Menurut Teten, Koprasi pangan ini menjadi prioritas untuk ditumbuh kembangkan.

"Kami punya komitmen tadi sudah disapaikan kepada pa kiyai ayo sama-sama kita bangun kebaikan," kata Teten.

Teten memaparkan, dengan adanya koprasi sehingga petani tidak berhubungan langsung dengan pasar.

"Yang berhadapan dengan pasar baik pasar dalam negri atau ekspor itu koprasi. Supaya petani terlindungi dari market yang sangat ekploitatif," ujarnya.

Teten mengatakan, pihaknya juga dengan Gubernur Jabat dan Bupati Bandung mendukung sektor pangan dengan harus mengembangkan aplikasi-aplikasi dgital yang memungkinkan, supaya petani itu mendapatkan info market.

Rian DMasiv Gandeng Anak Tunanetra dari Timur, Bisa Dilihat di YouTube Hari Ini

"Sehingga mereka bisa menanam sesuai dengan permintaan pasar. Jadi jangan lagi nanti petani asal tanam dan hanya ikut-ikutan," tuturnya.

Saat ini, kata Teten pandemi Covid 19, mengakibatkan kelesuan ekonomi di belahan dunia, tapi kebutuhan untuk bahan makanan tetap permintaannya tinggi.

"Oleh karena itu kami mensuport koprasi-koprasi disektor pangan," ucapnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://jabar.tribunnews.com/2020/06/21/mentri-kprasi-dan-umkm-tinjau-koperasi-pondok-pesantren-al-ittifaq

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menteri Koperasi dan UMKM Tinjau Koperasi Pondok Pesantren Al-Ittifaq - Tribun Jabar"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.