Search

Profil Singkat Luhut Binsar Panjaitan - Media Jabar

Siapa yang tak kenal dengan Luhut Binsar Panjaitan. Saat ini namnya begitu populer ditelinga. Dia adalah sosok yang bahkan dijuluki The Real President.

Pria yang lahir di Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatra Utara pada 28 September 1947 ini memang begitu dekat sekali dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Walapun Luhut telah mengenal Jokowi sebelum ia jadi presiden. Namun ia jarang sekali terlihat pergi bersama Jokowi selain tugas dinas.

Pemilik nama lengkap Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. dalam beberapa kesempatan ia selalu mengatakan bahwa hubungan ia dengan presiden seperti halnya atasan dan bawahan.

Luhut menegaskan, ia bekerja seperti tentara. Sehingga membuatnya harus loyal kepada pimpinan, yakni presiden. Hal itu yang selalu ia lakukan.

Dua kali kepemimpinan Jokowi, Luhut selalu mendapat kepercayaan untuk menjadi seorang mentri. Pada periode pertama Jokowi untuk menunjuk Luhut jadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

Kemudian dipilih kembali pada masa Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin periode 2019–2024 sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

Sebelum dipercaya menjadi mentri, Luhut pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia sejak 31 Desember 2014 hingga 2 September 2015.

Jauh ke belakang ternyata karir Luhut begitu cemerlang. Luhut Pandjaitan pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Tahun 2000–2001 saat Abdurrahman Wahid menjabat sebagai Presiden RI 1999–2001.

Sebelum menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan, ia menjabat Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura. Karir Luhut memang cukup bagus.

Luhut Binsar Panjaitan adalah lulusan terbaik dari Akademi Militer Nasional angkatan tahun 1970. Pada tahun 1967, Luhut masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) bagian Darat.

Setelah 3 tahun kemudian, Luhut meraih predikat sebagai lulusan terbaik pada tahun 1970, sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Dengan karirnya yang begitu cemerlang, maka tidak heran Luhun Binsar Panjaitan menjadi salah satu mentri kepercayaan Jokowi.

Walapun memang keputusan yang diambil Luhut sering menuai pro dan kontra di kalangan elit politik. Namun Luhut begitu berpengaruh diera kepemimpinan Jokowi.

Bahkan Jokowi pernah beberapa kali memberikan tugas khusus kepada Luhut Binsar Panjaitan. Contohnya Luhut diberikan tugas politik untuk bertemu dengan Prabowo Subianto yang menjadi calon presiden.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.mediajabar.com/tokoh/profil-singkat-luhut-binsar-panjaitan.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Profil Singkat Luhut Binsar Panjaitan - Media Jabar"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.