Search

Pemkot Tasikmalaya Berdayakan UKM untuk Produksi APD - ayobandung.com

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menggandeng sejumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memproduksi alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis mulai dari penutup kepala, pakaian hingga celana khusus untuk penanganan pasien Covid-19.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya Firmansyah menuturkan, pembuatan APD untuk tenaga medis ini merupakan hasil tangan kreatif pelaku UKM di Kota Tasikmalaya.

Pelaku UKM, kata Firmasyah, hanya mengerjakan pembuatan APD, sementara alatnya menggunakan milik Pemkot Tasikmalaya.

AYO BACA : Pemkab Tasikmalaya Pangkas Anggaran Dinas untuk Tanggulangi Covid-19

"Jadi ini kolaborasi Indag dengan UKM. Pihak UKM itu menggunakan fasilitas dan alat milik Pemkot," kata Firmansyah melalui sambungan Telepon, Jumat (10/4/2020).

IMG-20200410-WA0002

APD buatan UKM Kota Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

AYO BACA : Tak Ada Donor Darah, PMI Tasikmalaya Kehilangan 50% Pasokan Darah

Firmansyah menambahkan, harga yang ditetapkan untuk APD ini pun terjangkau. Untuk pelindung kepala sekitar Rp22.000 hingga Rp. 30.000 per item. Sementara untuk pakaian seharga Rp110.000.

"Kalau untuk pakaian itu di Kawalu dibuatnya. Tapi kita sudah ada komitmen, kalau pemesanan langsung ke Indag saja, " kata Firmansyah.

Firmansyah menegaskan, meski dibuat di UKM namun kualitas yang dihasilkan tidak kalah dengan produksi wilayah lain. Kualitas pun mengacu kepada standar Kementerian kesehatan.

"Kita membuat itu sesuai standar menteri kesehatan. Kita bukan hanya pasarkan di wilayah Tasik, tapi kita juga pasarkan ke Kota dan Kabupaten lain di Jawa Barat," ucapnya.

AYO BACA : Dampak Covid-19, 15.012 Warga Kabupaten Tasikmalaya Kena PHK

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.ayobandung.com/read/2020/04/10/85578/pemkot-tasikmalaya-berdayakan-ukm-untuk-produksi-apd

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemkot Tasikmalaya Berdayakan UKM untuk Produksi APD - ayobandung.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.