Search

Presiden Jadi Irup Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya - Ngopibareng.id

Presiden Joko Widodo, pagi ini Selasa 1 Oktober 2019, akan bertindak selaku Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila , di Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Halim Jakarta Timur.

Upacara ini akan dihadiri Wapres Jusuf Kalla, Mentri Kabinet Kerja Jokowi JK, Panglima TNI, KSAD, KSAU, KSAL dan Kapolri, serta perwakilan negara-negara sahabat di Jakarta.

Anggota DPR RI baru yang akan dilantik hari ini, menurut rencana menghadiri upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini. Namun kabar terakhir dibatalkan mengingat situasi keamanan dengan maraknya aksi unjuk rasa di kawasan Gedung DPR RI Senayan oleh aliansi Badan Eksekutuf Mahasiswa (BEM ).

Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud ) selaku penanggung jawab pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila, mengatakan persiapan upacara berjalan lancar. Peserta upacara terdiri prajurit TNI - Polri, pelajar, pemuda dan mahasiswa.

Mendikbud mengatakan Hari Kesaktian Pancasila ini tak dapat dipisahkan dengan Peristiwa G 30 S
yang didalangi oleh PKI yang terjadi tahun 1965. Tujuh prajurit TNI diculik kemudian dibunuh secara keji kemudian dikubur dalam sumur lubang buaya di kawasan Halim Jakarta Timur. Untuk mengenang tujuh pahlawan revolusi yang gugur tersebut, di lubang buaya ini dibangun Monumen Pancasila Sakti.

Pada monumen itu berdiri tegak Tujuh pahlawan revolusi. Mereka adalah Jenderal Ahmad Yani, Letjen Suprapto, Letjen M T Haryono, Letjen Siswondo Parman, Mayjen D. I. Pandjaitan, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo dan Kapten Pierre Tendean. Sementara lambang Garuda Pancasila berada di atasnya.

Di kawasan Monumen Pancasila Sakti ini, dilengakapi bangunan yang dulu dipergunkan oleh Gerwani dan Pemuda Rakyat sebagai Posko, dapur umum, dan tempat tujuh pahlwan revolusi itu dihabisi nyawanya sebelum dimasukkan dalam sumur berdiameter kurang dari 1 meter.

Sumur yang menjadi saksi kekejaman G 30 S PKI, berada di bawah cungkup sekitar 50 meter dari patung tujuh pahlawan revolusi.

Selesai upacara biasanya presiden bersama undangan berkeliling monumen. Ada yang meneteskan air mata saat melihat lubang buaya, membayangkan betapa kejamnya para pembunuh pahlawan revolusi tersebut.

Selain tujuh pahlawan revolusi, putra semata wayang alm Jendral Nasution, Ade Irma Suryani Nasution juga meninggal dunia terkena tembakan. Sedang Jendral Nasution selamat. Ajudannya Pierre Tendean gugur sebagai perisai, karena mengaku Nasution yang dicari oleh gerombolan anggota G30S PKI. 

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://www.ngopibareng.id/timeline/presiden-jadi-irup-hari-kesaktian-pancasila-di-lubang-buaya-512764

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Presiden Jadi Irup Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya - Ngopibareng.id"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.