Search

Dalang Cilik Dari Garut Dapat Penghargaan Dari Kemendikbud - RMOL Jabar

RMOLJabar. Siswa SMPN 1 Selaawi Kabupaten Garut M. Shabiq Husnie (12), maraih penghargaan Anugerah Budaya dan Maestro Budaya bidang Dalang Wayang Golek Kategori Anak-anak dari Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Malam Anugerah Kebudayaan di Gelora Bung Karno Jakarta.


Penghargaan ini menjadi salah satu prestasi yang membanggakan bagi salah satu putra terbaik dari Kecamatan Selaawi ini, terutama Pemerintah Kabupaten Garut. Bila anak pada seusianya hanya bekutat dengan gedget. Lain halnya dengan Shabiq yang sudah dari umur empat tahun menggeluti dunia dalang.

Berawal pada usia empat tahun, Shabiq yang tak sengaja mendengarkan sang ibu menyetel kaset wayang dan bodoran dengan dalang Asep Sunandar Sunarya.

"Semenjak itu, saya bercita-cita menjadi seorang dalang, minta dibelikan kaset wayang golek, kaset jaipong, dan degung pokonya kalau mengenai seni budaya sunda dia sangat serius menonton atau mendengarkan cerita sunda," katanya saat dihubungi, Sabtu (12/10).

Bahkan, makanan kesukaanya juga singkong. Karena setiap hari yang ditonton wayang lama kelamaan minta dibelikan wayang golek.

"Pertama-tama saya dibelikan wayang buta sama mamah dibeliin di daerah dangdeur Cileunyi, Sumedang sampai beberapa kali karena kesehariannya terus menonton dan mempraktekan wayang golek," katanya.

Semakin lama Shabiq semakin tenggelam pada kesenian sunda. Bahkan dari pagi diisi dengan kegiatan menonton sambil memainkan wayangnya dan ingin sekali bisa membuat wayang sendiri dan memaksa orang tuanya untuk mencontohkan cara membuat wayang.

Hal ini membuat orangtua Shabiq kewalahan karena ia lahir dan besar di Jakarta walaupun kakek dan nenek berasal dari Banten dan Bogor yang kurang mengerti seni budaya sunda.

Menurut Shabiq dirinya juga pernah dipertemukan dengan Ki dalang Asep Sunandar Sunarya dan para dalang lainnya.  

"Kira-kira umur saya lima tahun kami berangkat ke Jelekong untuk bertemu Ki Asep Sunandar," katanya.

Sabiq juga mangatakan, bahwa ia resmi menyandang nama dan penerus Karba Suhaya dari Abah Nandang yang cukup tua sekitar 85 tahun sebagai satu-satunya pupuhu dalang di Bandung yang bisa mentawajuhan para dalang.

Sementara itu, Ridwan Hanif Camat Selaawi mengaku bangga dengan prestasi yang didapatkan Shabiq.

"Kami merasa bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi ananda Shabiq serta pihak keluarga dan yang lainnya yang senantiasa terus secara konsisten mendorong kemajuan seni budaya tradisi warisan leluhur," katanya.

Pihaknya juga berharap, semoga prestasi Shabiq bisa menjadi tambahan spirit dan motivasi dalam berkarya, berprestasi dan berbudaya bagi Shabiq khususnya, serta bagi para putra putri pelajar lainnya di Kecamatan Selaawi-Garut-Jawa Barat. [yud]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://www.rmoljabar.com/read/2019/10/12/106689/Dalang-Cilik-Dari-Garut-Dapat-Penghargaan-Dari-Kemendikbud-

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dalang Cilik Dari Garut Dapat Penghargaan Dari Kemendikbud - RMOL Jabar"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.