Search

di Kutim Mentri ESDM Resmikan Pengoperasian PLTU dan Excess ...

 KUTAI TIMUR, (Suaraindonesia.co.id) - Menteri Energi dan sumber daya mineral (ESDM) Ignasius Jonan resmikan pengoperasian excess power Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan pabrik pakan ternak milik PT. Kaltim Prima Coal (KPC), di Kutai Timur (Kutim), Kamis (8/3/2018).

kapasitas 3x18 MW dan pabrik pakan ternak milik PT.Kaltim Prima Coal (KPC) Sangatta,Kamis (08/03/2018).

Peresmian axcces power PLTU Tanjung Bara  milik PT. KPC dengan kapasitas 3x18 MW tersebut sebagai upaya pemerintah mendorong penyediaan listrik yang merata untuk masyarakat luas dengan harga terjangkau.

Proyek yang di mulai sejak Oktober  2011 telah menelan biaya investasi sebesar USD 150 juta. Kehadiran excess power ini melengkapi PLTU Tanjung Bara yang telah ada sebelumnya 2X5 MW sehingga kapasitas PLTU Tanjung bara naik menjadi 64 MW.

"Dari total kapasitas tersebut, 30 MW digunakan untuk kebutuhan listrik di lingkungan PT. KPC dan 34 MW sisanya merupakan excess power dimana 18 MW diantaranya telah berkontrak atau diperjualbelikan kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN)," Ujar GM External Affairs dan Sustainable PT. KPC Wawan Setiawan.

Wawan menyampaikan, Keberadaan excess power ini memberikan multiplayer effect terhadap masyarakat di area sekitar PLTU Tanjung Bara. s salah satunya adalah mampu melistriki masyarakat Kota Sangata sebanyak 25.578 Kepala Keluarga. Guna memproduksi excess power, pembangkit ini membutuhkan batubara sekitar 256.122 ton per tahun. 

Menurut Ignasius Jonan, PT KPC diharapkan dapat mengembangkan kapasitas pembangkitnya untuk menambah pasokan listrik Kutim pada khususnya dan Provinsi Kaltimpada umumnya yang sejalan dengan pengembangan jaringan distribusi interkoneksi kalimantan 150 KV yang dibangun oleh PLN.

"Salah satu upaya yang ditempuh adalah mengembangkan jaringan kabel distribusi listrik untuk menjangkau wilayah operasi remote yang masih menggunakan genset berbahan bakar solar di sekitar pertambangan batubara," pungkas mantan Menteri Perhubungan tersebut.

Reporter: Al Gazali
Editor: Anam Fanani

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://suaraindonesia.co.id/read/3189/20180309/054938/di-kutim-mentri-esdm-resmikan-pengoperasian-pltu-dan-excess-power-tanjung-bara/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "di Kutim Mentri ESDM Resmikan Pengoperasian PLTU dan Excess ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.