Search

Mantan Mentri Kelautan Dan Perikanan Prof. Dr Rokhmin Dahuri Ajak Warga Gemarikan Atasi Stunting Pada Anak. - Jarrak Pos

Mantan Mentri Kelautan Dan Perikanan Prof. Dr Rokhmin Dahuri Ajak Warga Gemarikan Atasi Stunting Pada Anak/Dok: jarrakpos.com

CIREBON, JARRAKPOS.COM – Mantan mentri Kelautan dan Perikanan Prof. Dr. Ir. H. Rokhmin Dahuri MS menyelenggarakan kegiatan Safari Gemarikan dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan dan percepatan penurunan stunting dan gizi buruk. Acara diselenggarakan di Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon Jawa Barat, Sabtu 16/12/23

Prof. Dr. Ir. H. Rokhmin Dahuri, MS, dilahirkan di Desa Gebang Mekar (Kampung Nelayan) – Cirebon tanggal 16 November 1958. Ia menempuh pendidikan sekolah dasar sampai sekolah lanjutan atas di Cirebon. Sarjana Perikanan IPB lulus 1982.

Ia berhasil menyelesaikan program Doktor bidang Ilmu Ekologi dan Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan dari School for Resources and Environmental Studies, Dalhousie University, Halifax, Nova Scotia, Canada pada tahun 1991.

Ia merupakan anak nelayan penjual ikan teri  dari keluarga yang kurang mampu asal pesisir laut Gebang Mekar Kabupaten Cirebon.

Mendapat Gelar sarjana, ia banyak aktif di berbagai organisasi hingga menjadi Mentri Kelautan dan perikanan di era Presiden Gusdur dan Megawati Soekarnoputri pada tahun 1999-2004.

Advertisement

Dalam acara safari Gemarikan, Ia mengatakan, Fakta kandungan pada ikan yang rata-rata mengandung 22% protein. Menurut Rokhmin, jika kita mengkonsumsi 100 g ikan maka 22 g untuk kecerdasan otak melalui omega-3 yang terkandung di dalam ikan.

Rokhmin mengatakan, 11 asam amino yang di butuhkan untuk perkembangan tubuh anak dan aktifitas keseharan tubuh, 9 diantaranya ada di dalam ikan, hanya 2 asam amimo yang tidak ada dalam ikan, yaitu asam amino Lysine, karena asam amino Lysine ada di dalam jagung dan kacang kedelai, ” terangnya.

” Bapak dan Ibu, Pak Jokowi sangat sedih, karena populasi stunting di Indonesia adalah paling tinggi diantara negara Asean, padahal kita ini negara maritim dan negara pertanian terbesar di dunia.

Lebih lanjut Profesor asal Gebang Penasehat Mentri Kelautan dan Perikanan ini menjelaskan, ikan mengandung omega-3 paling tinggi dibandingkan dengan daging sapi, ayam dan telor. Omega-3 untuk menjaga kesehatan, mencegah kolestrol, stroke dan kelumpuhan.

Advertisement

” Jadi intinya ikan itu gizinya top markotop, yang dapat meningkatkan kwalitas sumber daya manusia (SDM-red), ” tuturnya

” Jadi kalau ada orang yang mengatakan, ikan salmon yang hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik di negara yang alamnya sangat dingin seperti Norwegia, gizinya lebih tinggi itu salah ibu-ibu, karena yang lebih tinggi ya ikan bandeng” imbuhnya.

Inilah fakta kandungan gizi ikan dalam jumlah Per
100 g:
Kalori (kcal) 205
Jumlah Lemak-Omega-3′ 12 g
Lemak jenuh 2,5 g
Kolesterol 63 mg
Natrium 61 mg
Kalium 384 mg
Jumlah Karbohidrat 0 g
Serat pangan 0 g
Protein 22 g
Vitamin C 3,7 mg Kalsium 15 mg
Zat besi 0,3 mg Vitamin D 0%
Vitamin B6 0,6 mg Vitamin B12 2,8 µg
Magnesium 30 mg

Konsumsi omega -3 dengan takaran yang tepat akan membuat tubuh menjadi sehat dan terhindar dari penyakit. (Hadi Supangat)

Advertisement

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMihAFodHRwczovL3d3dy5qYXJyYWtwb3MuY29tL21hbnRhbi1tZW50cmkta2VsYXV0YW4tZGFuLXBlcmlrYW5hbi1wcm9mLWRyLXJva2htaW4tZGFodXJpLWFqYWstd2FyZ2EtZ2VtYXJpa2FuLWF0YXNpLXN0dW50aW5nLXBhZGEtYW5hay_SAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mantan Mentri Kelautan Dan Perikanan Prof. Dr Rokhmin Dahuri Ajak Warga Gemarikan Atasi Stunting Pada Anak. - Jarrak Pos"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.