Search

Indeks Kerukunan Beragama di Wonosobo tinggi, Begini kata Stafsus Mentri Agama Saat Kunjungi Klenteng Hok Hoo Bio? - Wonosobo Zone - Wonosobo Zone

WonosoboZone - Staf Khusus (Stafsus) Menteri Agama (Menag) RI Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, mengunjungi Klenteng Hok Hoo Bio Wonosobo pada Sabtu malam, 9 November 2023.

Kunjungan ini merupakan upaya untuk melihat secara langsung bagaimana kerukunan umat beragama di Kabupaten Wonosobo.

Sebelumnya, Kabupaten Wonosobo mendapat pengakuan positif oleh Wibowo Prasetyo dalam praktik moderasi beragama, dengan menciptakan indeks kerukunan umat beragama yang tinggi.

Baca Juga: Kalah, PSIW Wonosobo Masih Berpeluang Lolos ke Babak Perempat Final, Begini Skemanya

Wonosobo dianggap sebagai salah satu daerah yang telah berhasil menerapkan moderasi beragama dengan baik, terbukti dari nilai indeks kerukunan umat beragama yang mencapai 72 persen pada tahun 2022.

"Jadi, kalau dilihat dari nilai indeks kerukunan umat beragama di Kabupaten Wonosobo itu nilainya tinggi. Berada di angka 72 persen pada tahun 2022 lalu," terang Wibowo.

Maka dari itu, Klenteng Hok Hoo Bio Wonosobo menjadi perhatian khusus Wibowo karena, klenteng tersebut menjadi tempat ibadah bagi 3 agama yakni Budha, Konghucu, dan Tao.

Baca Juga: Hasil Liga 3 Jateng 2023 : PSIW Wonosobo Kembali Telan Kekalahan Dari PSIK Klaten 1-3

Wibowo menyatakan bahwa tingkat kerukunan umat beragama di Kabupaten Wonosobo menjadi contoh yang perlu diikuti, karena mencerminkan Bhineka Tunggal Ika.

"Dalam hidup berdampingan dengan agama lain, Wonosobo menunjukkan toleransi yang mencerminkan Bhineka Tunggal Ika, terutama di Klenteng Hok Hoo Bio Wonosobo," ungkapnya.

Menurut Wibowo, keragaman agama harus dikelola dan dipelihara agar tidak menimbulkan masalah. Moderasi beragama menjadi kunci untuk membangun umat beragama yang hidup rukun.

Baca Juga: Mau Liburan Akhir Tahun di Cianjur? Berikut 7 Tempat Wisata yang Populer dan Hits, Patut di Kunjungi Bersama Keluarga atau Kerabat

"Mengelola dinamika keragaman agama di Indonesia terbukti berjalan dengan baik. Tidak ada kasus yang menonjol, terutama di Wonosobo, yang tingkat keragaman agamanya sangat tinggi, menunjukkan toleransi dan saling melengkapi," jelasnya.

Wibowo mengatakan bahwa umat beragama di Indonesia harus memiliki kemudahan akses untuk peribadatan.

Ini dianggap sebagai bukti negara hadir untuk memberikan kebebasan beragama, mendorong kehidupan beragama yang lebih berkembang di seluruh Nusantara.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMioAFodHRwczovL3d3dy53b25vc29ib3pvbmUuY29tL2Jlcml0YS80NjcxMTE1Mjc1OC9pbmRla3Mta2VydWt1bmFuLWJlcmFnYW1hLWRpLXdvbm9zb2JvLXRpbmdnaS1iZWdpbmkta2F0YS1zdGFmc3VzLW1lbnRyaS1hZ2FtYS1zYWF0LWt1bmp1bmdpLWtsZW50ZW5nLWhvay1ob28tYmlv0gGkAWh0dHBzOi8vd3d3Lndvbm9zb2Jvem9uZS5jb20vYmVyaXRhL2FtcC80NjcxMTE1Mjc1OC9pbmRla3Mta2VydWt1bmFuLWJlcmFnYW1hLWRpLXdvbm9zb2JvLXRpbmdnaS1iZWdpbmkta2F0YS1zdGFmc3VzLW1lbnRyaS1hZ2FtYS1zYWF0LWt1bmp1bmdpLWtsZW50ZW5nLWhvay1ob28tYmlv?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indeks Kerukunan Beragama di Wonosobo tinggi, Begini kata Stafsus Mentri Agama Saat Kunjungi Klenteng Hok Hoo Bio? - Wonosobo Zone - Wonosobo Zone"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.