Search

Petik Laut Desa Puger Wetan Jember Bakal dihadiri Mentri - Fakta Jember

Upacara petik laut di desa Puger Wetan, Kabupaten Jember, Jember – Jelang upacara adat petik laut di Desa Puger Wetan Kecamatan Puger Kabupaten Jember, yang akan diselenggarakan Minggu mendatang bakal dihadiri Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

Upacara adat yang telah menjadi icon Desa Puger sejak beberapa tahun lalu tersebut biasa di gelar dalam rangkaian bulan Asyuro. Dan kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas rezeki yang telah diberikan sang pencipta.

Husnul (45), warga desa setempat mengaku senang dengan kegiatan adat warga desa. Dia juga berharap bahwa semua warga tidak hanya warga nelayan Puger namun semua warga Jember bisa mensupport kegiatan tersebut sebagai destinasi wisata yang bernuansa budaya.

Bapak dua anak ini mengaku sudah menyiapkan beberapa kegiatan yang menunjang acara petik laut , dengan mengajak seluruh pelaku ekonomi kerakyatan baik yang sudah terwadai dalam UMKM ataupun para pedagang kaki lima dengan menjual produk produk lokal.

“Alhamdulillah akhirnya kepastian pelaksanaan upacara petik laut itu ada, dan sebagai warga saya apresiasi dengan memberi motivasi kepada warga setempat untuk menjual produk UMKM bernuansa kearifan lokal, dan itu akan luar biasa nantinya.”, ujar Husnul.

Seperti diketahui Petik laut Desa Puger Wetan merupakan upacara adat atau ritual yang diagendakan setiap tahun tepatnya di bulan Muharram atau Assyuro sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan untuk memohon berkah rezeki dan keselamatan yang dilakukan oleh Kepala Desa Puger Wetan beserta para nelayan dan petani pada umumnya.

Sebagai penunjang acara tersebut, warga telah menyiapkan berbagai macam kegitan-kegiatan mulai dipersiapkan termasuk tradisi kirab dayang-dayang, juga pembuatan sesaji, perahu sesaji yang dibuat seindah mungkin mirip kapal nelayan yang biasa digunakan melaut, kemudian sesaji tersebut di hanyutkan ke laut.

Kepala Desa Puger Wetan, Irwannulah mengatakan Kegiatan kirap dayang dayang akan dihadiri Mentri kabinet Indonesia Bersatu diantaranya Mentri Pariwisata, Menkopolhukam Mahfud MD, serta Mentri Desa Abdul Halim, Mentri Koperasi Sandiaga Uno, Bupati Jember H. Hendy Siswanto, S.T., IPU., beserta jajarannya.

“Alhamdulillah persiapan sudah cukup bagus, dan nantinya acara kirap dayang akan dihadiri beberapa Menteri, juga Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, S.T., IPU., dan jajarannya” ujarnya. (Arya)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiVWh0dHBzOi8vd3d3LmZha3RhamVtYmVyLmNvbS9wZXRpay1sYXV0LWRlc2EtcHVnZXItd2V0YW4tamVtYmVyLWJha2FsLWRpaGFkaXJpLW1lbnRyaS_SAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Petik Laut Desa Puger Wetan Jember Bakal dihadiri Mentri - Fakta Jember"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.