Search

Demo Ribuan Warga Tolak Waduk Direspon, Pemprov Riau Kirim ...

PoskoNews.com – Aksi damai ribuan masyarakat empat Desa Kecamatan Rokan IV Koto, Rokan Hulu (Rohul) dan elemen Mahasiswa serta LSM yang menolak pembangunan waduk Lompatan Harimau Rokan Kiri, Rabu (9/5/2018) Di Kantor Gubernur Riau, akhirnya membuahkan hasil.

Pemerintah Provinsi Riau merespon tuntutan warga dengan mengeluarkan sepucuk surat meneruskan Surat Bupati Rohul berisi penolakan pembangunan waduk Rokan Kiri itu.

Dalam surat bernomor 110/Pem – Otda/ 62.09, yang ditanda tangani Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau melalui Sekda Ahmad Hijazi SE,M.Si itu ditujukan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI di Jakarta.

“Bersama ini kami teruskan Surat Bupati Rokan Hulu Tanggal 25 April 2018 perihal penolakan pembangunan waduk serba guna Rokan Kiri meminta kepada Gubernur Riau untuk membatalkan pembangunan bendungan Rokan Kiri di Rokan Hulu untuk dijadikan pertimbangan kelanjutan pembangunan waduk Rokan Kiri, “tulis Gubernur dalam surat itu.

Selanjutnya, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera III, Asmelita ST S.Pi juga mengirimkan surat kepada Direktur Jenderal Sumberdaya Air Kementrian PU Perumahan Rakyat Cq Kepala Pusat Bendungan, perihal penolakan Rencana pembangunan bendungan Rokan Kiri di Rokan Hulu.

Dalam surat itu, Kepala BWSS III menyampaikan adanya aksi penolakan warga empat desa, yakni Tibawan, Cipang Kanan, Cipang Kiri Hilir dan Cipang Kiri Hulu serta surat Bupati Rohul.

“Berdasarkan hal tersebut, kami mohon saran dan arahan untuk kelanjutan kegiatan perencanaan pembangunan waduk Rokan Kiri, “tulis Asmelita dalam surat itu.

Setelah adanya surat Pemprov Riau dan Kepala BWSS III itu, sekitar pukul 18.00 Wib, ribuan masyarakat akhirnya membubarkan diri dan kembali ke kampung halamannya.

“Alhamdulillah, perjuangan masyarakat hari ini ke Provinsi membuahkan hasil dengan diteruskannya surat penolakan itu oleh Pemprov dan BWSS III, “kata Roby Tibawan, tokoh pemuda disana kepada PoskoNews.com, Rabu malam (9/5/2018). (Yth)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje https://poskonews.com/2018/05/10/demo-ribuan-warga-tolak-waduk-direspon-pemprov-riau-kirim-surat-ke-mentri-pu/

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Demo Ribuan Warga Tolak Waduk Direspon, Pemprov Riau Kirim ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.