Search

Pemerintah dan Masyarakat Harus Bersinergi Jaga Kelestarian ...

MITRAPOL.com - Dalam waktu dekat ini, direncanakan Presiden Republik Indonesia (RI) Ir.H. Joko Widodo alis Pak Jokowi akan berkunjung ke lokasi wisata Hutan Mangerove Desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat, melalui jalur udara.



Hal tersebut disampaikan oleh Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar M.SC, pada Kunjungan Kerja (Kunker) untuk menijau persiapan lokasi, ke tempat wisata Hutan Mangerove Desa Lubuk Kertang Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat,Sabtu, (14/4).

Kunjungan tersebut disambut oleh Kadis Lingkuang Hidup (LH) Langkat Drs. Iskandar Zulkarnain Tarigan M.Si, Camat Brandan Barat M. Hermain S.STP, DANDIM 0203 Langkat Letkol (Inf) Deni Eka Gustiana, Wakapolres Langkat Kompol Hendrawan,SIK,MH, Kabid Informasi dan Pelayanan Publik Diskomifo Langkat Sudarno SE, Kelompok Tani Mekar Hutan Mangerove dan masyarakat sekitar.

Selain memantau arel sekitar hutang mangrove dan tempat sebagai persiapan kunjungan RI 1, kunjungan Dr.Ir.Siti Nurbaya Bakar M.SC beserta rombongan tersebut, juga di isi dengan sesen diskusi dengan masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut Ibu Mentri, menjelaskan, Hutan mangrove Langkat Sumatra utara di pesisir pantai seluas 105 hektar kawasan didesa Lubuk Kertang ini, 10 tahun yang lalu mengalami kerusakan yang cukup parah, akibat penumbangan liar dan ahli fungsi, yang dilakukan oleh kalangan tidak bertanggung jawab.

“Sebab mereka membabat habis pohon hutan,”ungkapnya.

Namun kini, sambung ibu Mentri, Kawasan ini telah kembali lestari, hijau, asri, dan menjadi tempat berkembang yang baik bagi biota laut (hewan laut), setalah sebelumnya dilakukan upaya perawatan dan perbaikan dengan kerja keras seperti menanam bakau, oleh Pemerintah beserta dukungan kelopok tani dan masyarakat sekitar

“Setelah sepuluh tahun berlalu sejak masa itu , saat ini fungsi hutan mangrove telah kembali dan hasilnya telah kita nikmati, salah satunya menambah hasil perekonomian masyarakat sekitar dari hasil lautnya” sebutnya.

Sehingga Ia berharap Pemkab.Langkat serta kelompok tani dan masyarakat sekitar, bisa bersinergi untuk terus menjaga kelestarian hutan mangerove ini.

Dr. Ir. Siti Nurbaya juga turut mengaprseiasi kepada Pemkab. Langkat dan kelompok tani mekar yang telah berhasil menjadikan Hutan Mangerove ini tempat wisata yang indah yang diminati oleh banyak wisatawan baik lokal dan luar daerah.

“Saya Mengusulkan kelompok tani mekar yang diketuai oleh Dian Batu Bara ini, mendapatkan pengharagan Kalpataru bidang lingkungan hidup,”ujarnya.

Sedangkan ketua kelompok tani mekar Dian Batu Bara, mewakili kelopok tani dan masyarakat sekitar mengucapkan selamat datang dan ribuan terima kasih atas kunjungan kerja ibu Mentri, hal ini adalah sebuah momen istimewa bagi kami.

“Kami semua pun, sudah tidak sabar menyambut kedatangan RI 1 Pak Jokowi, ke wisata hutan Mangorove ini,”sebutnya.

Sembari mengusulkan, agar jalan utama menuju wisata hutan mangrove ini segara di hotmix, sebab kondisi jalan utamanya saat ini bila datang hujan, kondisinya becek dan licin, sehingga menyulitkan transfortasi darat.

Kadis Lingkuang Hidup (LH) Langkat Drs. Iskandar Zulkarnain Tarigan M.Si, selain mengucapkan selamat datang kepada ibu Mentri RI di bumi Langkat nan asri, Ia juga menyampaikan bahwa pada 2019 mendatang, Pemkab. Langkat melaui Dinas Pembangunan Umum (PU) Langkat, akan menghotmix jalan utama menuju wisata hutan mangrove tersebut.


“Sebab anggaran pembangunannya telah disusulkan pada 2018 ini,” sampainya.

Reporter : tolhas pasaribu


SHARE THIS

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://www.mitrapol.com/2018/04/pemerintah-dan-masyarakat-harus.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemerintah dan Masyarakat Harus Bersinergi Jaga Kelestarian ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.