Search

Lampung Dapat Bantuan Dari Kementan Untuk Sarpodi dan Bibit ... - Kupastuntas.co

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnardi saat dimintai keterangan di Universitas Lampung. Selasa, (13/6/2023). Foto: Yudha/kupastuntas.co

Kupastuntas.co, Bandar Lampung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendapat bantuan berupa bibit kedelai serta sarana produksi (Saprodi) seluas 5000 hektar, hal itu telah dianggarkan dalam APBN 2023 melalui Kementrian Pertanian (Kementan).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnardi menerangkan, bahwa Pemprov Lampung memiliki program pengembangan bibit kedelai agar tidak bergantung pada kedelai impor.

Oleh karena itu, dalam program pengembangan kedelai, bibitnya dibantu oleh Kementan dan dalam revitalisasi.

"Bahwa revitalisasi itukan terkadang tinggi, turun (hasil produksi kedelai), dan kita coba tinggikan lagi maka dibutuhkan bibit, maka kita kerjasama pusat Pemda Kabupaten harus kerjasama agar petani menanam kedelai," kata Kusnardi saat dimintai keterangan di Universitas Lampung. Selasa, (13/6/2023).

Bantuan-bantuan dari Kementrian Pertanian tersebut, akan didistribusikan kepada kelompok petani di Provinsi Lampung. "Pak Mentri juga menawari 20 ribu hektare lagi akan dikasih, tapi mudah-mudahan ada," ucapnya.

Pihaknya akan mencoba melakukan, pendekatan kepada para petani agar lahanya dapat ditanami dengan kedelai, setiap potensi lahan akan diupayakan.

"Jadi itu akan didistribusikan tergantung potensi wilayahnya, kalau didistribusikan sembarang malah mereka gak nanem jadikan sayang, yang mau menanam dan membudidayakan kita berikan bantuan itu," jelasnya.

Pada tahun 2023, Provinsi Lampung telah mendapatkan bantuan bibit dan Saprodi 5000 hektar, apabila hal itu telah terealisasi, maka pihaknya akan coba mengusulkan kembali kepada Kementan.

Yang menjadi problem penaman kedelai adalah soal harga menurutnya, dikarenakan saat ini pasokan kedelai di Indonesia berasal dari luar negri.

"Kedelai problem utamanya itu diharga, karena inikan dengan kedelai impor, maka kita coba inisiatif mengundang Mentri Perdagangan dan Mentri pertanian, jadi kedelai harus kita kembangkan jangan bergantung dengan impor, makanya mempertemukan 2 Mentri dan Komisi IV DPR RI," tutupnya. (*)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi Aje https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8va3VwYXN0dW50YXMuY28vMjAyMy8wNi8xMy9sYW1wdW5nLWRhcGF0LWJhbnR1YW4tZGFyaS1rZW1lbnRhbi11bnR1ay1zYXJwb2RpLWRhbi1iaWJpdC1rZWRlbGFpLXNlbHVhcy01MDAwLWhla3RhctIBAA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Lampung Dapat Bantuan Dari Kementan Untuk Sarpodi dan Bibit ... - Kupastuntas.co"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.