Search

Eks Mentri Inggris: Bank Seperti HSBC Memfasilitasi Korupsi di Afrika Selatan - Hidyatullah.com mengabarkan kebenaran

Eks Mentri Inggris: Bank Seperti HSBC Memfasilitasi Korupsi di Afrika Selatan

Jacob Zuma (tengah) dan keluarga Gupta.

Hidayatullah.com—Mantan menteri Inggris Lord Peter Hain menuding perusahaan-perusahaan dan bank-bank internasional memfasilitasi korupsi di Afrika Selatan selama Jacob Zuma menjabat presiden.

Bank-bank seperti HSBC dan Standard Chartered “berdosa secara langsung” dalam pencuriah dana pemerintah selama pemerintahan Zuma, kata Hain dalam testimoninya di sebuah komisi yang bertugas menyelidiki korupsi di Afrika Selatan pimpinan hakim Mahkamah Agung Afsel Ray Zondo.

“Masyarakat internasional seharusnya rasa malu mengetahui bahwa bank-bank tersebut serta profesional-profesional yang membantunya memfasilisasi [korupsi] ini,” kata Hain seperti dikutip AFP Selasa (19/11/2019).

“Beberapa perusahaan ini berbasis di New York, London, Hong Kong dan Shanghai,” imbuhnya.

Hain merujuk kasus korupsi yang melibatakan pengusaha kelahiran India dari keluarga Gupta, yang dituduh memanfaatkan kedekatannya dengan Jacob Zuma untuk memenangkan kontrak-kontrak pemerintah dan bahkan mempengaruhi penunjukan para menteri. Semua tertuduh dalam kasus korupsi itu membantah melakukan kesalahan.*

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi Aje http://www.hidayatullah.com/berita/internasional/read/2019/11/19/173775/eks-mentri-inggris-bank-seperti-hsbc-memfasilitasi-korupsi-di-afrika-selatan.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Eks Mentri Inggris: Bank Seperti HSBC Memfasilitasi Korupsi di Afrika Selatan - Hidyatullah.com mengabarkan kebenaran"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.